review

Pawon Bu Tun : Pengalaman Daftar Jadi Partner Go-Food versi Semarang

11:27 PM



Disclaimer :
Pengalaman ini dialami oleh my one and only man, Maskhur (difollow yah ignya hehe), tapi secara tidak langsung aku juga ikut merasakan bagaimana prosesnya karena aku juga ikut andil dalam mensuppport kegiatan positif ini.

Sepertinya berawal dari kesengsem liat box kotak makan yang beda dari makanan yang biasa dia beli. Terus ada ide bikin usaha olahan ayam sendiri terus di packing pakai kotak tadi. Aku pun penasaran seperti apakan kotak yang memberi pencerahan kepada pacarku ini dan setelah ditunjukin fotonya ternyata hanya berupa kotak putih biasa sodara-sodara! Masi mending kalo ada sticker atau kotaknya di print jadi fullcolor branding usahanya eh lha ini kotak putih saja bisa ngasih pencerahan duh MasyaAllah luar biasa. Cuman bedanya emang sih lebih kokoh dari pada kerdus makan selametan. Tapi oh my god awalnya aku kira designnya unik nih beda dari yang lain hahahaha.

harusnya ini foto cover Pawon Bu Tun di aplikasi Go-Jek

Okelah support terus pacar aku satu ini selama jalannya bener. Dapet segala keperluan yang dibutuhkan untuk membuat usaha. Dan tentunya branding super kece wajib aku lakukan terhadap usaha rintisan ini. PAWON BU TUN. Well namanya jawa banget dan sederhana. Ya ga masalah sih selama gampang di inget dan ngena banget di konsep usaha ini. Mari kita skip cerita branding pawon bu tun ini di postingan yang lain.

Then setelah semua siap. Dia mulai apply via web untuk jadi partner go-food. Udah lengkap kan ini itu. Karena di web jelasin kalo bisa apply tanpa harus ke kantor (ke kantornya pas sign kontrak aja). Dapet notif email suruh nunggu 2 minggu buat prosesnya. Kok lama banget? Ah mungkin yang daftar banyak. Oke kami nungguin sampe 2 minggu tapi ga ada notif lagi. Dia telpon CS Gojek Jakarta cuma di respon yang intinya "Nanti kami tanyakan ke Gojek Semarang" kayak gitu mulu. Terus karena dia almost give up, aku coba tanya temen aku yang kebetulan kerja di sana. Sebenernya mau tanya dari awal, tapi karena udah kelanjur daftar via web jadi kami nunggu kepastian via web itu dulu. Daann jawaban temen aku adalah "Kalo nunggu aja ga bakal di proses" (kami nunggu karena prosedur nya kan suruh nunggu 2 minggu) So jadi selama ini usaha kami daftar via web sia-sia gitu artinya? Dia bilang kalo berkas udah lengkap dan siap bisa langsung ke kantor aja. OHMYGOD!! Why why why?? Tapi makasih banget sama temen aku udah ngasih pencerahan, kalo ga mungkin udah give up atau masih nungguin sampe tahun baru hiks. Terus aku dapet contact personnya divisi Go-Food sebut aja Kak A. Diawal Kak A ini respon banget. Udah gitu kan atur janjian mau ke kantor buat apply. Tapi lama kelamaan Kak A ini semakin cuek dan "ga melayani" customer banget. Tapi ga apalah demi Pawon Bu Tun satu orang ga berarti hahahaha *ketawa sambil ngaca*

Tiba hari H janjian sama Kak A. Sebelumnya di chat Kak A sempet bilang suruh bawa MENUnya. Nah dia nangkepnya sih menu makanannya, tapi aku nangkepnya tuh menu daftar menu gitu. Udahlah dari pada ribut tetep bawa aja itung-itung sample. Udah prepare ini itu. Udah siap lah pokoknya.

Sampe deh di Kantor gojeknya. Tanya ke Satpam luar gitu dia berasa di lempar sana sini. Bilangnya suruh kesana (kesana mana coba? ke laut? hahaha) udah kan terus skip sampe nemu divisi Go-Food. Dia masuk ternyata udah ada banyak yang antri. Isi form dulu yang kurang lebih hampir sama seperti di web tapi eh tapinya lupa bawa bolpen. Si pacar aku ini ngerasa CS Go-Food punya bolpen dan tadinya mau pinjem tapi malangnya nasib dia, boro-boro dipinjemin yah tapi dijawab pake kalimat yang sedikit merusak mood di panasnya terik matahari. Udah ya si abang udah down moodnya karena satpam dan CS nya ga ramah sama sekali (katanya). Buru-buru pengen kelarin semua hari itu. Then udah kelar di kasih tau kalau proses muncul di aplikasi makan waktu kurang lebih 5 hari kerja. Oke kelar brarti kan ya urusan daftar ini. Pulanglah dia bersama adik laki-lakinya dengan membawa pulang kembali "menu" yang kemarin suruh dibawa hehehe (pikirnya dibawa itu karena emang suruh dibawa dan sekalian buat ucapan terima kasih ama Kak A dan crew Go-Food Semarang), tapi karena ngeliat juga yg antri tadi juga ga ada yang bawa "menu" 

foto cover masih default banget, foto menu juga masih kosong T3T

Nunggu lagi nih 5 hari. Eh tapi 2 hari kerja udah muncul aja nih di aplikasi. Seneng banget dong pastinya tapi foto-fotonya masih foto default jadi harus kirim foto biar diupdate. Chat lagi dah sama Kak A buat kirim foto-foto biar diupload ke aplikasi. Tapi sampai sekarang ZONK banget ga ada update sama sekali untuk foto. Tapi Alhamdulillah sudah masuk ke Go-Pay Delivery Promo setelah muncul macam-macam spekulasi kenapa ga masuk ke free delivery.

Jadi saat ini kami hanya menunggu update foto dari pihak Go-Food dan sembari menunggu dari teman-teman Semarang Area buat order :p

Kritik dan Saran untuk Go-Jek Semarang :
1. Satpam area gedung kurang membantu banget. Boleh dong bicaranya lebih sopan sama masyarakat. Aku di ceritain temen yang kebetulan tanya ke satpam cara daftar Go-Food seperti apa, ehh malah dapat jawaban yang bikin mood turun dan males ke sana lagi. Temen aku usahanya banyak dan niat mau daftarin Go-Food tapi karena ada satpam yang ga membantu sama sekali jadi dia males buat balik ke Kantor Go-Jek Semarang
2. CS Go-Food sedikit kurang ramah. Kata dia lebih ramah banget di CS pusat sewaktu telpon dulu.
3. Boleh deh dibikin nomer antrian gitu. Yang sederhana pakai kertas dinomerin terus dilaminating gitu juga bisa kan yaa. Biar ga ngandelin ingatan siapa yang antri duluan.. ya kalo inget hahaha kalo lupa gimana dong?
4. Mohon untuk Go-Food (pusat juga mungkin) untuk update toko di aplikasi boleh di alihkan ke owner masing-masing kah? karena ribet banget musti lewat CS yang kadang ga respon gini. Jadi misalnya kayak jualan online biasa gitu upload jualan udah simpel.

Oke sekian curhatan tentang pengalaman daftar jadi partner Go-Food versi Semarang. Mungkin pengalaman setiap orang berbeda yah. Mungkin juga waktu pacar aku apply ke kantor CS nya lagi pms atau gimana, atau mungkin bukan "harinya" dia jadi agak sulit. See you updatean selanjutnya yah !


You Might Also Like

20 comments

  1. Bermanfaat sekali kak pengalamannya 👍👍
    Kalau boleh bagi info nya syarat syarat yang dibawa ke kantor gojek buat daftar go food apa aja kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Nur Atikah,
      bawa daftar menu + harganya aja kak dan materai Rp 6.000 nanti di sana ada formulir juga dan jangan lupa bawa bolpen sendiri hehe. terus kalau sudah sign in kontrak untuk update harga, gambar dll bisa kontak teman saya Go-Food Semarang Rian +62896-6939-9339 (tapi sekarang untuk update harga sudah bisa via aplikasi Go-Resto). Terima kasih, Semoga bisa membantu :D

      Delete
    2. Saya sudah daftar dan mengirim formulir tapi belum ada tanda tanda jadi mitra gofood. Apa se lama ini prosesnya ya ka ✌️

      Delete
  2. Saya juga udah nunggu hampir 2 bulan..tapi blm ada email balesan dari go food..apa harus ke go food Bandung juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, daftarnya via web email online? saran saya langsung ke office Bandungnya saja, atau coba cari kontak marketing gofood regionalnya supaya langsung dihandle. kalau di Semarang sih gitu kak. kalo langsung marketingnya jadi cepet. karena kalo online email atau web itu masuk ke pusat dulu dan memang lama dan sepertinya ga bakal ke handle hehe

      Delete
  3. Saya juga udah nunggu hampir 2 bulan..tapi blm ada email balesan dari go food..apa harus ke go food Bandung juga ya?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hallo ka, sy mau buka usaha kuliner rumahan yg bekerja sama dgn gofood bagaimana caranya

    ReplyDelete
  6. Bila anda sibuk, merasa ribet, gaptek, saya bisa membantu mendaftarkan GO-FOOD.

    Saya Buka Pegawai Go-Food, Saya hanya jasa mendaftarkan saja.

    bisa kontak WA : 089682284953

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah lama daftar sudah mau 2 bulan tapi belum muncul di gofood knp ya mohon infonya

      Delete
  7. Saya daftar goresto sudah satu bulan lebih belum juga buka padahal di perjanjian resto saya akan buka dalam waktu 7/14 hari kerja dan Al hasil sampai saat ini masih belum juga buka. Padahal resto saya sudah ada di aplikasi dari sebulan yang lalu tapi sayang masih tutup belum bisa kebuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ,punya saya juga..sudah ada di aplikasi tapi blm bisa log in

      Delete
    2. Sama, saya jg udh teken kontrak tp blm bs log in. Msh nunggu lg.

      Delete
  8. Saya daftar goresto area jember. Kenapa aktifnya lama?? Padahal udah tanda tangan di @mail. Mohon donk, di percepat aktive. Soalnya bentar lg anak saya ujian. Butuh dana yg cukup besar. Tolong banget. LALAPAN BU MEWA AREA JEMBER

    ReplyDelete
  9. Kak aku juga mau daftar persyaratan nya apa saja ya thanks #maaf

    ReplyDelete
  10. Hehe... Baca baca katanya cm 2hr sudah bs jualan di gobiz... Sempat gusar sudah seminggu baru dpt konfirmasi bahwa data saya sudah lolos verifikasi pihak gojek.. Setelah ditanyain lewat email... Sekarang proses nunggu docusigs dikirim... Tiap hari penuh harap...
    Enaknya disamperin ke kantor gojek apa nunggu dlm penantian yg takpasti yah...???

    ReplyDelete
  11. Kalo udh daftar via gobiz Dateng k kantor setempat malah ditolak, disuruh nunggu konfirmasi dari pusat katanya soalnya daftarnya ke pusat. Ada yg punya pengalaman yang sama??

    ReplyDelete

Popular Posts

instagram